Senin, 30 Maret 2015

 I.                     Pilihan Ganda
1.       Rangkaian logika kombinasional yang untuk mengubah sinyal cacah aktif ke dalam sinyal binary adalah ... 
a.       Decoder
b.      Encoder
c.       Multiplexer
d.      Demultiplexer
e.      Adder
22.  Manakah pernyataan berikut yang BENAR tentang rangkaian logika kombinasional ...
a.       Memiliki output yang bergantung pada input saat ini
b.      Memilki input umpan balik
c.       Memiliki output yang bergantung pada input dan output sebelumnya
d.      Memiliki input yang bergantung pada output
e.      Semua jawaban SALAH
33. Berikut ini yang termasuk kelomppok rangkaian logika kombinasional ...
a.       Decoder dan Counter
b.      Decoder dan Multiplexer
c.       Register dan Decoder
d.       Register dan Counter
e.      Encoder dan Counter
44. Rangkaian logika kombinasional yang memiliki jumlah keluaran 1 dan sejumlah masukan yang dapat dipilih adalah ...
a.       Decoder
b.      Encoder
c.       Multiplexer
d.      Demultiplxer
e.      Adder
Input
Output
X
Y0
Y1
0
1
0
1
0
1
5.                      5.Tabelkebenaran diatas merupakan table kebenaran dari logika kombinasional ...
a.       Decoder
b.      Encoder
c.       Multiplexer
d.      Demultiplexer
e.      Adder
INPUT
OUTPUT
I0
I1
I2
I3
O1
O0
1
0
0
0
0
0
0
1
0
0
0
1
0
0
1
0
1
0
0
0
0
1
1
1
6.       Tabel 6.kebenaran diatas merupakan table kebenaran dari rangkaian logika kombinasional ...
a.       Decoder
b.      Encoder
c.       Multiplexer
d.      Demultiplexer
e.      Adder
7. Pada gambar diatas merupakan rangkaina logika kombinasional ...
a.       Decoder
b.      Encoder
c.       Multiplexer
d.      Demultiplexer
e.      Adder

8.       8. Pada gambar diatas merupakan  rangkaian logika kombinasional ...
a.       Decoder
b.      Encoder
c.       Multipelxer
d.      Demultiplexer
e.      Adder
9.       9. Pada Dec2to4 memiliki komposisi keluaran dan masukan ...
a.       2 masukan dan 2 keluaran
b.      4 masukan dan 2 keluaran
c.       2 keluaran dan 4 masukan
d.      2 masukan dan 4 keluaran
e.      4 masukan dan 4 masukan
110.   Apabila dirancang sebuah decoder dengan jumlah masukan 5 maka jumlah keluarannya adalah ..
a.       2
b.      4
c.       8
d.      16
e.      32
111.   Apabila dirancang sebuah MUX4 maka jumlahnya selektornya ada ...
a.       2
b.      4
c.       8
d.      16
e.      32
112.   Berikut ini adalah karakteristik dari Flip-Flop adalah ...
a.       Memiliki 2 bentuk keluaran yang sama
b.      Tidak memiliki masukan bersifat feedback
c.       Memilki 2 bentuk keluaran yang berlawanan
d.      Memiliki 2 bentuk masukan yang berlawanan
e.      Memiliki 2 bentuk masukan yang sama
113.   Nama lain dari rangkaian flip-flop adalah ...
a.       Multivibrator astabil
b.       Multivibrator bistabil
c.       Schimitt trigger
d.      Comparator
e.      Decoder
114.   RS Flip Flop dapat dibuat dari kombinasi gerbang :
a.       AND dan OR
b.      NOT dan AND
c.       NAND dan NOR
d.      NAND dan OR
e.      AND dan NAND
115.   Perbedaan RS Flip Flop dan D Flip Flop terdapat tambahan gerbang :
a.       NOT dan D Flip Flop
b.      NOT dan RS Flip Flop
c.       NAND dan D Flip Flop
d.      NAND dan D Flip Flop
e.      AND dan D Flip Flop
116.   Perbedaan RS Flip Flop dibandingkan JK Flip Flop terletak pada ...
a.       Kondisi memori
b.      Bentuk keluarannya
c.       Kondisi terlarang
d.      Kondisi toggle
e.      Kondisi tak berubah
117.   Kondisi toggle dari JK-FF adalah ...
a.       Bentuk keluaran selalu tetap
b.      Bentuk keluaran selalu berubah
c.       Bentuk keluaran yang sama
d.      Bentuk keluaran yang berbeda
e.      Bentuk keluaran yang salah
118.   Kondisi memori flip flop adalah
a.       Bentuk keluaran selalu tetap
b.      Bentuk keluaran selalu berubah
c.       Bentuk keluaran yang sama
d.      Bentuk keluaran yang berbeda
e.      Bentuk keluaran yang salah
119.   Kondisi terlarang dari flip-flop adalah ...
a.       Bentuk keluaran yang selalu tetap
b.      Bentuk keluaran yang selalu berubah
c.       Bentuk keluaran yang sama
d.      Bentuk keluaran yang berbeda
e.      Bentuk keluaran yang salah
220.   Fungsi dari Clock pada CRS-FF adalah ...
a.       Mengaktifkan bentuk keluaran
b.      Me-nolkan bentuk keluaran
c.       Menon –aktifkan keluaran
d.      Mengaktifkan keluaran toggle
e.      Sama dengan masukan R dan S
221.   Untuk mengatasi keadaan terlarang pada flip flop RS maka dapat menggunakan flip flop :
a.       Flip Flop JK
b.      Flip Flop D
c.       Flip Flop T
d.      Flip Flop CRS
e.      Semua jawaban SALAH
222.   Bentuk keluaran dari T-FF adalah ...
a.       Bentuk keluaran yang selalu tetap
b.      Bentuk keluaran yang selalu berubah
c.       Bentuk keluaran yang sama
d.      Bentuk keluaran yang berbeda
e.      Bentuk keluaran yang salah
223.   Gerbang logika yang digunakan untuk merangkai D Flip Flop, kecuali ...
a.       NOT
b.      NOR
c.       AND
d.      EXNOR
e.      NAND
224.   T-FF dapat dirancang dari D-FF yaitu dengan ...
a.       Menambahkan gerbang NOT pada masukan D
b.      Mengumpan balik Q’ pada masukan D
c.       Menambahkan gerbang NOT pada masukan clock
d.      Mengumpan balik Q’ pada masukan clock
e.      Mengumpan balik Q pada masukan D
225.   T-FF dapat dirancang dari JK-FF yaitu dengan ..
a.       Mengumpan balik keluaran Q ke masukan J dan K
b.      Memberikan logika 1 pada masukan J dan K
c.       Mengumpan balik keluaran Q’ ke masukan Jdan K
d.      Memberikan logika 0 pada masukan J dan K
e.      Memberikan logika yang berbeda pada masukan J dan K
226.   Kondisi memori untuk RS-FF yang dibangun dari gerbang NAND yaitu:
a.       S=0, R=0
b.      S=1, R=1
c.       S=1, R=0
d.      S=0, R=1
e.      Tidak ada jawaban yang BENAR
227.   Berikut ini yang tidak termasuk kelompok rangkaian kogika sekuensial ...
a.       Decoder dan Counter
b.      Decoder dan Multiplexer
c.       Register dan Decoder
d.      Register dan Counter
e.      Encoder dan Counter
228.   Untuk meranacng register, dapat digunakan flip flop jenis berikut, kecuali ...
a.       RS-FF
b.      CRS-FF
c.       JK-FF
d.      D-FF
e.      T-FF              

229.   Pada gambar diatas, merupakan flip flop jenis ...
a.       RS-FF
b.      CRS-FF
c.       JK-FF
d.      D-FF
e.      T-FF

330.   Pada gambar diatas, merupakan flip flop jenis ...
a.       RS-FF
b.      CRS-FF
c.       JK-FF
d.      D-FF
e.       T-FF
X
Y
Q
Q’
0
0
Terlarang
Terlarang
0
1
1
0
1
0
0
1
1
1
Memory
Memory



 
 
 
 
 
1.   31. Pada table diatas, merupakan table kebenaran untuk flip flopjenis ...
a.       RS-FF
b.      CRS-FF
c.       JK-FF
d.      D-FF
e.      T-FF
332.   Untuk mengatasi keadaan terlarang pada flip flop RS maka dapat menggunakan flip flop :
a.       Flip Flop JK
b.      Flip Flop D
c.       Flip Flop T
d.      Flip Flop CRS
e.      Semua jawaban SALAH
X
Y
Q
Q’
0
0
Memory
Memory
0
1
1
0
1
0
0
1
1
1
Toggle
Toggle


 
 
 
 
 
333.   Pada tabel diatas, merupakan table kebenaran untuk flip flop jenis ...
a.       RS-FF
b.       CRS-FF
c.        JK-FF
d.      D-FF
e.      Semua jawaban SALAH
334.   Kondisi Toggle adalah ...
a.       Bentuk keluaran yang selalu tetap
b.      Bentuk keluaran yang selalu berubah
c.       Bentuk keluaran yang sama
d.      Bentuk keluaran yang berbeda
e.      Bentuk keluaran yang berlawanan
335.   Pada dasarnya, register dapat dirancang  dari Flip Flop jenis berikut, kecuali ...
a.       RS-FF
b.      CRS-FF
c.       JK-FF
d.      D-FF
e.      T-FF

336.   Jenis Register pada gambar diatas adalah ..
a.       PIPO
b.      SIPO
c.       PISO
d.      SISO
e.      ISOP
337.    Jumlah Flip Flop D yang dibutuhkan untuk merancang register 4 bit jenis PIPO adalah ...
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.      5
338.   Pada counter, jenis flip flop yang dapat digunakan adalah ...
a.       RS-FF
b.      T-FF
c.       JK-FF
d.      D-FF
e.      Semua jawaban BENAR

339.   Rangkaian diatas merupakan ...
a.       Register
b.      Counter Asynchoronous
c.       Shift Register
d.      Counter Synchoronous
e.      PIPO Register

440.   Rangkaian diatas merupakan ...
a.       Register
b.      Counter Asynchoronous
c.       Shift Register
d.      Counter Synchoronous
e.      PIPO Register

II. Soal Uraian

1. - Rangkaian Logika Squensial
    - Rangkaian Logika Kombinasional
2.   Encoder 4 to 2
http://lh3.ggpht.com/-vEdhKdBs16E/TxUVK9e6U8I/AAAAAAAAA4U/Ozou2JQsdc0/clip_image034_thumb%25255B1%25255D.jpg?imgmax=800Tabel kebenarandan Rangkaian Logika

 
                         Fungsi Logika
                         Y= i1+i3
                         X= i2+i3

3. Rangkaian Flip-Flop adalah rangkaian dasar memory yang memiliki 2 keluaran yang berlawanan
4. RS-FF, JK-FF, D-FF, T-FF
5. T-FF : 
   => CRS-FF







Arsitektur Komputer
  adalah atribut-atribut sistem komputer yg terkait           dengan  seorang programmer

  contoh : set intruksi,aritmatika yang digunakan,teknik pengalamatan,mekanisme I/O       

organisasi komputer
  adalah bagian yg terkait erat dengan unit-unit operasional

  contoh : teknologi hardware,perangkat antar muka,teknologi memori,sistem memori,dan syarat-syarat kontrol.
 penjelasan dari masing-masing contoh 

1) arsitektur komputer 
set instruksi :  sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya  berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly.
aritmatika yang digunakan : aritmatika yang  digunakan adalah binery aritmatika yang melandasi tentang proses aritmatika dan logika pada sistem digital dan komputer modern.namun  operasi aritmatika tersebut tidak dapat diwakili oleh gerbang dasar.
teknik pengalamatan  : yaitu teknik untuk menyimpan data pada data penyimpanan 
mekanisme I/O : berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya



 2) organisasi komputer

merupakan proses aritmatikan yang melandasi tentang proses aritmatika dan logika pada sistem digital dan komputer modern Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
merupakan proses aritmatikan yang melandasi tentang proses aritmatika dan logika pada sistem digital dan komputer modern Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
merupakan proses aritmatikan yang melandasi tentang proses aritmatika dan logika pada sistem digital dan komputer modern Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

merupakan proses aritmatikan yang melandasi tentang proses aritmatika dan logika pada sistem digital dan komputer modern Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

Namun pada kenyataanya, operasi aritmatika tersebut tidak dapat diwakili oleh operasi yang terdapat pada gerbang dasar, walaupun secara prinsipnya tiap-tiap gerbang mewakili satu operasi aritmatika, terutama operasi aritmatika penjumlahan dan penguran Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
 teknologi hardware : yaitu teknologi yang sangat canggih dan bekerja sangat baik.
perangkat antar muka : penghubung antara hardware dengan software



P3 => Tugas struktur komputer (ALU, Register, System Interconnection)



1. Struktur Komputer




















2.Struktur CPU                  


3.Struktur Control Unit                  



      4.Struktur Alu
 

5.Struktur Interconnection
 

6.Struktur Register























2 komentar:

  1. VideoGameArt-Studios.com Forum - YouTube
    User: VideosGames.com Forum. User: Videosgames.com Forum. User: Videosgames.com Forum. User: Videosgames.com Forum. youtube to mp3 User: Videosgames.com

    BalasHapus
  2. Gambling With No Casino - DRMCD
    Casinos 영천 출장마사지 are a great 서귀포 출장안마 way to have fun in a casino without having to pay. The 하남 출장샵 more money you play and the more your money goes, 김해 출장안마 the better. 태백 출장마사지

    BalasHapus